Pengertian Analisis SWOT, Definisi dan Manfaat
Pengertian analisis SWOT
Analisis SWOT merupakan suatu bentuk analisis yang digunakan
oleh manajemen perusahaan atau organisasi yang sistematis dan dapat membantu
dalam usaha penyusunan suatu rencana yang matang untuk mencapai tujuan
perusahaan atau organisasi tersebut. Baik tujuan tersebut untuk tujuan jangka panjang maupun tujuan jangka pendek. Selain itu, analisis
SWOT juga dapat diartikan sebagai sebuah bentuk analisa situasi dan
kondisi yang bersifat deskriptif (memberi suatu gambaran) tentang sebuah
perusahaan atau organisasi. Analisa ini menempatkan situasi dan kondisi sebagai
sebagai faktor yang di jadikan masukan. Dan kemudian masukan tersebut
dikelompokkan sesuai kontribusinya masing-masing.
Satu hal yang perlu diperhatikan bagi penggunaan analisa ini,
bahwa analisa SWOT semata-mata hanya digunakan sebagai suatu analisa saja, yang
ditujukan untuk menggambarkan situasi yang sedang dihadapi sebuah perusahaan atau
organisasi. Analisis SWOT bukan sebuah alat yang mampu memberikan jalan keluar
dari permasalahan yang sedang dihadapi.
Definisi Analisis SWOT
SWOT merupakan singkatan dari Strength Weaknesses
Opportunities Threats. Yang artinya Strength (kekuatan), Weaknesses
(kelemahan), Opportunities (Peluang), Threats (hambatan). Dalam artikel ini
kita akan membahas satu-persatu tentang analisis SWOT secara singkat.
Seperti yang kita tau, analisis SWOT (Strength Weaknesses
Opportunities Threats) terbagi menjadi 4 bagian yakni:
- Strenght (S) atau disebut sebagai analisis kekuatan, yakni situasi atau pun kondisi yang merupakan gambaran kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Yang harus di lakukan dalam mengunakan analisis ini adalah setiap perusahaan atau organisasi perlu menilai kekuatan dan kelemahan yang dimiliki kemudian dibandingkan dengan para pesaing - pesaingnya. Misalnya jika kekuatan perusahaan tersebut unggul didalam kualitasnya, maka keunggulan itu dapat di manfaatkan untuk mengisi segmen pasar yang membutuhkan tingkat kualitas yang lebih baik.
- Weaknesses (W) atau disebut sebagai analisis kelemahan, yakni situasi atau pun kondisi yang merupakan gambaran kelemahan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Weaknesses merupakan cara untuk menganalisis kelemahan yang ada dalam sebuah perusahaan atau pun organisasi. Yang mana kelemahan tersebut dapat menjadi kendala yang serius dalam kemajuan suatu perusahaan atau organisasi. Misalnya jika perusahaan tersebut terdapat kendala dalam pemasaran yang kurang baik, maka perusahaan harus meneliti kekurangan-kekurangan yang di miliki yang berhubungan dengan sektor pemasaran. Agar nantinya permasalahan tersebut tidak membuat perusahaan menjadi kalah saing dan mundur di bandingkan perusahaan lainnya.
- Opportunity (O) atau disebut sebagai analisis peluang, yakni situasi atau kondisi yang merupakan gambaran peluang yang ada dari sisi luar suatu organisasi atau perusahaan dan gambaran tersebut dapat memberikan peluang berkembangnya suatu organisasi atau perusahaan dimasa depan. Opportunity merupakan analisis yang digunakan untuk mencari peluang atau pun terobosan yang memungkinkan suatu perusahaan atau pun organisasi bisa berkembang. Baik dimasa kini atau pun masa yang akan datang. Misalnya sebuah perusahaan industri minuman berada di daerah yang panas. Yang mana daerah tersebut sangat membutuhkan minuman segar dengan harga yang terjangkau. Maka perusahaan tersebut memiliki peluang untuk menciptakan produk minuman yang segar dan harganya terjangkau.
- Threats (T) atau disebut sebagai analisis ancaman, yakni situasi atau kondisi yang merupakan gambaran ancaman dari suatu perusahaan atau organisasi dalam menjalankan suatu usaha. Threat merupakan cara menganalisis tantangan atau ancaman yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan atau pun organisasi dalam menghadapi berbagai macam faktor lingkungan yang tidak menguntungkan. Yang mana ancaman tersebut dapat menyebabkan kemunduran suatu perusahaan. Jika tidak segera di atasi, maka ancaman tersebut akan menjadi penghalang bagi suatu usaha yang yang akan dijalankan. Misalnya sebuah organisasi kelompok pengrajin rotan di daerah pedesaan. Dengan kondisi lingkungan yang semakin modern serta banyaknya kebakaran hutan yang terjadi membuat mereka semakin sulit untuk memperoleh bahan baku, Maka organisasi tersebut dapat menganalisis hal-hal apa yang menyebapkan tantangan atau ancaman tersebut terjadi.
Manfaat Analsis SWOT
Metode analisis SWOT merupakan metode analisis yang paling
dasar dalam melakukan analisis strategi, yang bermanfaat untuk mengetahui suatu
permasalahan ataupun suatu topik dari 4 empat sisi yang berbeda. Hasil dari
analisis ini biasanya berupa arahan ataupun rekomendasi untuk mempertahankan
kekuatan dan untuk menambah keuntungan suatu perusahaan tau organisasi
dari segi peluang yang ada, sambil mengurangi kekurangan yang dimiliki
dan juga menghindari berbagai ancaman yang terjadi.
Jika digunakan dengan baik dan benar, maka analisis
ini akan dapat digunakan untuk membantu melihat sisi-sisi yang terabaikankan
atau tidak terlihat dari sebuah perusahaan atau organisasi. Dari uraian diatas
tadi, analisis SWOT adalah instrumen yang bermanfaat dalam melakukan analisis
strategi dalam manajemen perusahaan atau organisasi . Analisis ini berperan
sebagai alat untuk meminimalisir kelemahan atau kekurangan yang terdapat dalam
suatu perusahaan atau organisasi serta menekan dampak dari ancaman yang timbul
dan harus dihadapi.
0 comments:
Post a Comment